Contoh Makalah/Karya Ilmiah Manfaat Pendidikan Terhadap Perkembangan Karakter Anak Bangsa Di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan

MANFAAT PENDIDIKAN TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK BANGSA DI TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN




Disusun Oleh :
Jumadi  (8566)


SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANJUNG SELOR
KABUPATEN BULUNGAN
DAFTAR ISI
HALAMAN COVER
DAFTAR ISI.................................................................................................. i
ABSTRAK.................................................................................................. ii
BAB   I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang....................................................................................... 1      
1.2. Identifikasi Masalah................................................................................ 2      
1.3.Rumusan Masalah.................................................................................... 2
1.4. Pembatasan Masalah............................................................................... 3
1.5. Tujuan Pembahasan................................................................................. 3
1.6. Manfaat Pembahasan............................................................................... 3
BAB   II PEMBAHASAN
 2.1 Hasil Pembahasan.................................................................................... 4
 2.2 Proses Pendidikan Karakter..................................................................... 5
 2.3 Langkah – langkah Pelaksanaan Pendidikan Karakter............................... 6
BAB   III KESIMPULAN DAN SARAN                                                                          
 3.1 Kesimpulan................................................................................................7
  3.2 Saran........................................................................................................7
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 8       


ABSTRAK
Pembahasan ini tentang “manfaat pendidikan terhadap perkembangan karakter anak bangsa di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan” yang bertujuan untuk mengetahui manfaat pendidikan terhadap perkembangan karakter anak bangsa. Dengan adanya pendidikan sangat membantu dalam pembentukan dan perkembangan karakter anak bangsa. Karena disekolah siswa/siswi telah mempelajari tentang pendidikan karakter, pendidikan karakter disebutkan sebagai pendidikan nilai, budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan seluruh warga sekolah untuk memberikan keputusan baik ataupun buruk, keteladanan, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Pendidikan karakter dilakukan melalui berbagai media yaitu keluarga, satuan pendidikan, masyarakat, pemerintah, dunia usaha, dan media massa. Pendidikan karakter ini sangat penting karena pada masa sekarang ini banyak anak bangsa yang tidak berkarakter, sehingga banyak menimbulkan berbagai permasalahan seperti tawuran antar pelajar dan kurang cinta terhadap tanah air.
Kata Kunci : Anak, bangsa, Pendidikan dan karakter



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang harus menjiwai seluruh bidang kehidupan. Salah satunya prilaku berkarakter  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ada beberapa hal yang mendasari pentingnya pendidikan karakter terhadap anak bangsa, baik secara filosofis, ideologis, normatif, historis maupun sosiokultural.
Secara filosofis, pendidikan karakter bangsa merupakan kebutuhan asasi dalam proses berbangsa karena hanya bangsa yang memiliki karakter baik yang akan eksis. Secara ideologis, pendidikan karakter merupakan upaya mewariskan ideologi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Secara normatif pendidikan karakter bangsa merupakan wujud nyata mencapai tujuan negara yaitu melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan, ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Secara historis, pendidikan karakter bangsa merupakan sebuah dinamika inti proses kebangsaan yang terjadi tanpa henti mulai sejak zaman penjajahan, secara sosiokultural, pendidikan karakter merupakan keharusan dari suatu negara yang multikultural.
Pendidikan karakter bangsa yang sudah diupayakan dengan berbagai bentuk hingga saat ini belum menunjukkan hasil yang optimal, terbukti saat ini masih banyak terjadinya perusakan lingkungan, kekerasan dan kerusuhan, anarkis, penuturan bahasa yang tidak santun, ketidakadilan dan pornografi bahkan tawuran antar pelajar.
Memperhatikan situasi dan kondisi karakter bangsa yang memprihatikan tersebut, pemerintah memosisikan pendidikan karakter sebagai misi pertama dalam delapan misi guna mewujudkan visi pembangunan nasional, sebagaimana tercantum  dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025 ( Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007), yaitu terwujudnya karakter bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, dan bermoral berdasarkan Pancasila, yang dicirikan dengan watak dan prilaku manusia dan masyarakat Indonesia yang beraga, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, bertoleran, bergotong-royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis dan berorietasi iptek.
Ilmu pengetahuan merupakan salah satu aspek yang sangat berperan penting dalam pembentukan karakter anak bangsa. Ilmu pengetahuan dapat disampaikan melalui berbagai macam cara, seperti pendidikan formal di sekolah-sekolah maupun pendidikan nonformal. Berdasarkan permasalahan yang dikemukakan di atas, maka kami tertarik untuk menyusun sebuah artikel yang berjudul “Manfaat pendidikan terhadap perkembangan karakter anak bangsa di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan”
1.2     Identifikasi Masalah
Dari latar belakang di atas, muncul beberapa masalah, yaitu :
1. Pendidikan dapat mempengaruhi perkembangan karakter anak bangsa.
2. Minimnya pendidikan karakter penyebab terjadinya tawuran antar pelajar.

1.3     Rumusan Masalah
Dari latar belakang, identifikasi masalah dan pembatasan masalah di atas, pembahas merumuskan masalah, yaitu :
1.      Bagaimana pendidikan dapat mempengaruhi perkembangan karakter anak bangsa?
2.      Apakah minimnya pendidikan karakter penyebab terjadinya tawuran antarpelajar?
1.4     Pembatasan Masalah
Dari latar belakang dan identifikasi masalah di atas, pembahas memberi batasan–batasan, yaitu “Manfaat pendidikan terhadap perkembangan karakter anak bangsa di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan”
1.5     Tujuan Pembahasan
1.      Untuk mengetahui pengaruh pendidikan terhadap perkembangan karakter anak bangsa.
2.      Untuk mengetahui apakah minimnya pendidikan karakter dapat penyebab terjadinya tawuran antarpelajar.

1.6     Manfaat Pembahasan
Dari pembahasan ini dapat kami simpulkan beberapa manfaat, yaitu:
1.      Bagi pembahas, untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentangpengaruh pendidikan terhadap perkembangan karakter anak bangsa.
2.      Bagi kalangan pelajar, untuk memberikan pengetahuan lebih agar tahu dampak negatif akibat tawuran.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Hasil Pembahasan
Pembahasan ini mengambil kasus mengenai manfaat pendidikan terhadap perkembangan karakter anak bangsa. Pendidikan karakter yang merupakan upaya perwujudan amanat Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 dilatar belakangi oleh realita permasalahan kebangsaan yang berkembang saat ini, seperti: belum dihayatinya nilai-nilai Pancasila bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan melemahnya kemandirian bangsa.
Terkait dengan upaya mewujudkan pendidikan karakter sebagaimana yang diamanatkan dalam RJPN, sesungguhnya hal yang dimaksud itu sudah tertuang dalam fungsi dan tujuan pendidikan nasional.
Atas dasar yang telah diungkapkan di atas, pendidikan karakter bukan hanya sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Melainkan berusaha untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik (habituation) sehingga peserta didik mampu bersikap sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Pendidikan karakter yang baik meliputi pengetahuan yang baik (moral knowing) perasaan yang baik atau loving good (moral feeling) dan perilaku yang baik (moral action) sehingga terbentuk perwujudan kesatuan perilaku dan sikap hidup peserta didik.
Pada dasarnya selama ini satuan pendidikan sudah mengembangkan dan melaksanakan nilai-nilai pembentukan karakter. Dalam rangka lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakterpada satuan pendidikan telah teridentifikasi 18 nilai yang bersumber dari agama, pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional, yaitu : 1. Religius, 2. Jujur, 3. Toleransi, 4. Disiplin, 5. Kerja keras, 6. Kreatif, 7. Mandiri, 8. Demokratis, 9. Rasa ingin tau, 10. Semangat kebangsaan, 11. Cinta tanah air, 12. Menghargai prestasi, 13. Bersahabat/komunikatif, 14. Cinta damai, 15. Gemar membaca, 16. Peduli lingkungan, 17. Peduli sosial dan 18. Tanggung jawab. Namun satuan pendidikan dapat memprioritaskan kepentingan dan kondisi masing-masing.
2.2  Proses Pendidikan Karakter
  Proses pendidikan karakter didasarkan pada totalitas psikologis yang mencangkup seluruh potensi individu manusia (kognitif, afektif, psikomotorik) dan satuan fungsi totalitas sosiokultural pada konteks interaksi dalam keluarga,satuan pendidikan serta masyarakat.Totalitas psikologis dan sosiokultural dapat dikelompokkan sebagaimana yang digambarkan dalam Bagan berikut:

Berdasarkan Bagan  tersebut di atas,pengkategorian nilai didasarkan pada pertimbangan bahwa pada hakekatnya perilaku seseorang yang berkarakter merupakan perwujudan fungsi totalitas psikologis yang mencangkup seluruh potensi individu manusia (kognitif,afektif,psikomotorik) dan fungsi totalitas sosial-kultural dalam konteks interaksi (dalam keluarga,satuan pendidikan,dan masyarakat) dan berlangsung sepanjang hayat. Konfigurasi karakter dalam konteks totalitas proses psikologis dan sosial-kultural dapat dikelompokkan dalam: (1) olah hati ; (2) olah pikir ; (3) olahraga/kinestetik; dan (4) olah rasa dan karsa.Proses itu secara holistik dan koheren memiliki saling keterkaitan dan saling melengkapi,serta masing-masingnya secara koseptual merupakan gugus nilai luhur yang didalamnya terkandung sejumlah nilai sebagaimana dapat dilihat pada gambar di atas.

2.3  Langkah-langkah Pelaksanaan Pendidikan Karakter
Dalam rangka meningkatkan kualitas karakter anak bangsa dapat digunakan lima strategi yaitu sosialisasi, pengembangan regulasi, pengembangan kapasitas, implementasi dan kerja sama dan monitoring dan evaluasi.


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1. Kesimpulan
Dari pembahasan diatas, kami dapat menarik kesimpulkan sebagai berikut :
1.      Pendidikan terhadap perkembangan karakter sangat dibutuhkan demi tercapainya tujuan dan peratuan bangsa
2.      Pendidikan karakter dapat dilaksanakan melalui pendidikan formal, nonformal maupun informal.
3.      Pendidikan disekolah-sekolah sangat bermanfaat dan dibutuhkan demi mewujudkan karakter anak bangsa yang sejati sesuai cita-cita bangsa Indonesia.
3.2. Saran
Penyusun mengharapkan adanya pembahasan lanjutan yang dilakukan oleh penulis yang sama ataupun penulis lainnya, sehingga dapat mengembangkan data yang lama. Selain itu saran juga sangat kami butuh demi penyempurnaan artikel kami.



DAFTAR PUSTAKA
Buku induk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025.
Pusat Kurikulum Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. 2009-2010
Desain Induk Pendidikan Karakter, 2010: 8-9
















Related Posts:

2 Responses to "Contoh Makalah/Karya Ilmiah Manfaat Pendidikan Terhadap Perkembangan Karakter Anak Bangsa Di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan"

  1. Pelangi QQ Asia
    Mari Bergabung bersama kami di PelangiQQ Asia (,) com
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Hanya Dengan 1 USER ID Bos Sudah Bisa Memainkan 7 Games Kami Ya ^^
    Bandar Q | Bandar Q Online | BANDAR POKER | Agen Bandar Q | Domino 99 | Agen Domino | AduQ Online Terbaik
    Keunggulan PELANGI QQ :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO & WD 25RB)
    Tunggu Apalagi Bos!! Buruan Daftarkan Diri Anda Di Situs Kami PELANGIQQ
    Bagaimana Cara Mendaftar? SIMPEL Bos!!
    Cukup Mampir Ke Situs Kami 'pelangiqq.vegas'
    Klik Daftar Dan Diisi Data-Datanya Dengan Benar ATAU Bisa Juga Melalui Live Chat Dan CS Kami Akan Siap Membantu Anda Selama 24jam Ya Bos!!
    CONTACT US :
    BBM : D1E0517C
    Skype : Pelangi QQ
    FB : Pelangi QQ
    LOGINSITE : pelangiqq.vegas

    ReplyDelete
  2. Hai bangke kalian semya yang komentar

    ReplyDelete